Kamis, 18 Juni 2020

Agar Tak Salah Beli, Yuk Intip Cara Memilih Bola Voli yang Tepat

Bermain voli menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan karena memiliki banyak manfaat. Tidak hanya baik untuk kesehatan, bermain voli juga dapat melatih jiwa yang kompetitif. Salah satu perlengkapan penting dalam permainan ini adalah bola. Ternyata pemilihan bola untuk permainan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar mendapatkan bola voli yang tepat, berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan.


Tips Memilih Bola Terbaik untuk Permainan Voli
1. Memperhatikan Ukuran Bola
Jenis bola yang digunakan untuk permainan voli sangat beragam dan biasanya disesuaikan dengan para pemainnya. Selain itu, pemilihan bola juga tergantung dari tujuan permainan yaitu untuk latihan atau untuk pertandingan. Bola yang tepat untuk anak usia sekolah dasar sebaiknya jenis lightweight size 4 dengan bobot 200 hingga 220 gram. Hal ini dikarenakan bahan dari jenis bola ini tidak kasar sehingga aman digunakan untuk anak anak.

Sayangnya bahan yang satu ini cukup sulit ditemukan sehingga anda bisa memilih alternatif dengan bola berbahan karet yang lembut. Sedangkan jika digunakan untuk anak sekolah menengah pertama maka jenis bola yang dipilih sebaiknya pilih volly ball size 4 dengan bobot 240-260 gram. Namun apabila bola tersebut diperuntukkan anak usia sekolah menengah ke atas atau lebih, jenis bola yang paling tepat volleyball size 5 yang terbuat dari bahan kulit dan lebih berat.

2. Memilih Bahan Sesuai dengan Penggunaan
Tips memilih bola voli yang kedua yaitu menyesuaikan bahan dengan tujuan penggunaannya, mengingat bola ini ada yang keras dan ada juga yang lunak. Misalnya saja untuk latihan pemula dan anak yang masih memasuki sekolah dasar, sebaiknya gunakan bola dengan bahan EVA atau vinil. Bola dengan bahan tersebut mempunyai tingkat kelunakan yang hampir sama dengan bola yang terbuat dari bahan sintetis.

Sedangkan jika penggunaannya untuk tujuan rekreasi maka pilihan bola yang cocok yaitu yang berbahan karet karena memiliki sifat yang lentur dan memiliki daya pantul yang baik. Namun, pengguna bola ini harus lebih waspada dan menghindari cairan bensol atau pelarut, karena bisa menyebabkan permukaan bola lebih cepat rusak. Jika kebutuhan bola untuk pertandingan, maka anda bisa memilih bola voli dengan tekstur panel dengan pola annular.

3. Perhatikan Desain dan Warna Panel
Jika ingin memperkuat serve receive, sebaiknya pilih bola dengan corak panel yang ramping. Bola dengan corak ini akan lebih mudah ditangkap serta lebih luwes saat digunakan dalam permainan. Selain itu, bola dengan perpaduan dua atau tiga warna sangat membantu pemain untuk memantau pergerakan bola. Awalnya bola untuk permainan voli memiliki enal plan dengan satu warna saja. namun, saat ini pilihan bola  planel lebih beragam baik dari segi bentuk atau warna.

4. Menggunakan Bola Tersertifikasi untuk Latihan Pertandingan
Jenis bola untuk voli meliputi bola latihan, bola resmi dan bola bersertifikasi. Jika memang anda memiliki klub tertentu dan sering melakukan latihan, maka sebaiknya gunakan bola tersertifikasi. Hal ini akan membuat anda dan pemain lainnya seakan akan sedang mengikuti pertandingan yang sesungguhnya.Dengan demikian, anda menjadi terbiasa menggunakan bola voli ini, sehingga kesempatan memenangkan pertandingan menjadi lebih besar.

Itulah beberapa tips memilih bola untuk permainan voli yang tepat. Mungkin selain kualitas dari bola yang dibeli, anda juga perlu menyesuaikan bola yang akan dibeli dengan budget yang telah disiapkan. Namun, jika dana anda mencukupi, sebaiknya pilih bola yang menggunakan bahan yang berkualitas. Selain lebih aman dan mendukung permainan yang lebih baik, bola tersebut juga lebih awet dan tahan lama.

    Choose :
  • OR
  • To comment